Langsung ke konten utama

Mirip Habib Rizieq, Guru Spiritual India Diadili Atas Pemerkosaan, Pengikutnya Mengamuk


Ram Rahim Singh memiliki jutaan pengikut di India. (BBC)
Paling tidak tiga orang ditembak mati oleh tentara menyusul kerusuhan setelah dihukumnya salah seorang pemimpin spiritual paling populer di India, Gurmeet Ram Rahim Singh.
Korban yang meninggal diduga adalah pengikut pemimpin sekte Dera Sacha Sauda yang selalu tampil dengan baju berwarna warni ini.

Lebih dari 200.000 pengikut Singh datang ke kota Panchkula, India utara, tempat sidang berlangsung, dan dilaporkan melakukan pengrusakan dalam skala besar, termasuk membakar dua stasiun kereta, serta merusak mobil-mobil.
Singh sendiri diamankan oleh tentara menyusul putusan bersalah atas kasus perkosaan dengan hukuman akan dijatuhkan pada Senin (28/08).
singhSingh, 50, dinyatakan bersalah karena perkosaan dalam sidang hari Jumat (25/08). (AFP)
Ia dinyatakan bersalah memperkosa dua pendukung perempuannya pada 2002, menurut saluran televisi Hindi, Aaj Tak. Singh sendiri menyanggahnya.
Ribuan tentara, polisi dan pasukan paramiliter dikerahkan. Mereka menyemprotkan gas air mata dan meriam air ke kerumunan massa. Jam malam juga diterapkan di sejumlah tempat di kota dan di seluruh negara bagian Punjab.
Sekolah ditutup, kereta dihentikan
Menteri Kepala Punjab, Amarinder Singh, mengkritik mitranya di negara bagian Haryana karena membiarkan begitu banyak pengikut Singh untuk bertolak ke Chandigarh, ibu kota dua negara bagian itu.
Singh sendiri tiba di Panchula, luar kota Chandigarh, dari markasnya di Haryana dengan konvoi lebih dari 100 kendaraan.
Sekolah-sekolah di daerah itu ditutup, kereta dihentikan, jalan-jalan ditutup dan tiga stadion disiapkan sebagai kemungkinan penjara besar bila terjadi kerusuhan besar, kata para pejabat.
Perbatasan antara negara bagian Punjab dan Haryana ditutup dan ibu kota Delhi dalam keadaan waspada.
SiapakahRam RahimSingh?
Singh - yang sering tampil layaknya seorang bintang musik - menerbitkan sejumlah video musik dan rutin tampil di konser musik rock, dan dihadiri puluhan ribu pengikutnya.
Situs Dera Sacha Sauda menyebutkan mereka adalah "organisasi kesejahteraan sosial dan spiritual yang memberikan ceramah kemanusiaan dan jasa kepada manusia."
Sekte itu mengklam memiliki lebih dari 50 juta pengikut di seluruh dunia dan mengatakan "berkampanye menentang aborsi, reformasi untuk pekerja seks komersial, menjalankan sekolah dan beberapa rumah sakit."
Dalam beberapa bulan terakhir, Singh memicu kontroversi di tengah tuduhan ia memaksa 400 pengikutnya dikebiri sehingga mereka "bisa lebih dekat dengan dewa".
Ia juga menghadapi sidang pembunuhan, dakwaan yang ia sanggah.
Singh juga ditentang para pemimpin Sikh, yang menuduhnya menghina keyakinan mereka.
Ram Rahim Singh - salah satu guru spiritual paling berpengaruh di India - juga memiliki pengaruh politik.
Para pengikutnya menggambarkannya sebagai orang suci dan juga penulis, inventor, ilmuwan, ahli filosofi, aktivis perdamaian dan kemanusiaan.
Peta India
(BBC)
(ita/ita)

Postingan populer dari blog ini

Presiden Donald Trump Resmi Dilengserkan, Presiden Ketiga dalam Sejarah AS

Donald Trump WASHINGTON DC  - Presiden AS Donald Trump resmi menjadi presiden ketiga dalam sejarah Negeri "Uncle Sam" yang dimakzulkan atau impeachment. Dalam sidang paripurna yang digelar Rabu malam waktu setempat (18/12/2019), DPR AS menyetujui dua pasal pemakzulan terhadap presiden 73 tahun itu. Pasal pertama: Penyalahgunaan Kekuasaan, mendapat dukungan 230, dengan 197 politisi House of Representatives. Adapun jumlah minimal dukungan yang diperlukan di DPR AS guna membawa proses pemakzulan Trump ke level Senat adalah 216. Sementara pasal 2: Menghalangi Penyelidikan Kongres menerima dukungan 229, dalam hasil yang dibacakan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. Trump pun menjadi presiden setelah Andrew Johnson (1868), dan Bill Clinton (1998) yang dimakzulkan di level DPR AS. Setelah ini, tahap selanjutnya dalam proses pemakzulan adalah membawa resolusi tersebut ke level Senat, di mana mereka akan membahasnya tahun depan. Di tahap ini, kecil kemungkinan Tr

Diguyur Hujan Deras Senayan Digenangi Banjir Setinggi 1 Meter

Jakarta - Hujan deras mengguyur Jakarta hingga berjam-jam membuat beberapa titik di Ibukota terendam banjir. Seperti yang terjadi baru-baru ini di daerah Senayan, Senin (17/12/2019) Terlihat dari  video  unggahan oleh seorang Netizen yang dibagikan di grup laman Facebooknya, Daniel Pray , membagikan unggahan video yang menunjukan aktivitas pengendara yang sibuk menyelamatkan kendaraan mereka yang terendam banjir.  Senayan terendam banjir, Senin, (17/12/2019) Dari unggahan tersebut beberapa komentar kocak dan nyeleneh muncul, diantara : Natalia Claudia Soetantiyo   Wuihh keren banget jakarta kaya venice 1 Sembunyikan atau laporkan ini Suka  ·  2 jam Harry Ibrani   Salah ahokkk Sembunyikan atau laporkan ini Suka  ·  1 jam Wendy Tjandra   Jelas ahok yg salah.. kenapa dia sampe kalah dan tidak menjadi gubenur jakarta!!  Kalo gabener skr jgn disalahin lah, percuma dia pinter ngeles..

Setya Novanto Tak Rela Melepaskan Kedua Jabatannya

Setya Novanto alias Setnov masih belum mau melepaskan dua jabatan penting, baik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan Ketua Umum Partai Golkar. Lewat dua pucuk surat yang ditulisnya dua pekan lalu, Setnov meminta tak dilengserkan dari dua posisi tersebut. Mantan Bendahara Umum Partai Golkar itu meminta waktu untuk membuktikan bahwa dirinya tak terlibat dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. Setnov menyandang status tersangka dari Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kedua kalinya, --setelah sebelumnya menang pada sidang praperadilan pertama. Kini, dia pun mengadu nasib kembali lewat praperadilan. Desakan Setnov mundur terus bermunculan dan semakin kuat menyusul penetapan tersangka dan penahanan Setnov yang dilakukan KPK. Mantan Ketua Fraksi Golkar itu sudah mendekam di Rumah Tahanan KPK sejak dua pekan lalu. Mayoritas anggota fraksi di dewan Senayan, di antaranya dari Fraksi PDIP, PAN, NasDem, Gerindra, PPP, Demokrat, PK