Langsung ke konten utama

Ini Bocoran Debat Yang Akan Berlangsung Malam Ini

Debat terakhir dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 akan diadakan pada Rabu (12/4) pukul 19.30. Debat yang berlangsung selama dua jam ini akan sedikit berbeda dari debat-debat sebelumnya.
Debat perdana - dan satu-satunya - setelah putaran pertama pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 ini akan dibagi dalam tiga segmen.
Bagaimana tata cara di setiap segmen dan apa saja yang membedakan debat kali ini dengan debat-debat sebelumnya?

Segmen 1 - Pertanyaan moderator

Kepala KPU DKI Jakarta, Sumarno, berkata, berbeda dari debat-debat sebelumnya, pada pembukaan segmen debat kali ini para pasangan calon tidak perlu membeberkan visi-misi mereka.
Pada segmen pertama, moderator akan menanyakan sejumlah pertanyaan yang sudah dipersiapkan para panelis.
Namun, Sumarno tidak dapat membeberkan topik-topik yang akan ditanyakan dalam segmen ini karena "KPU memberikan mandat penuh kepada panelis untuk merumuskan pertanyaannya".
Dalam segmen ini moderator akan melontarkan pertanyaan terkait tema kampanye para calon. Jawabannya kemudian akan ditanggapi oleh lawan calon dan akan direspons kembali oleh para calon.

Segmen 2 - Format 'town hall'

Di sini, beberapa perwakilan kelompok masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para kandidat.
Sumarno menjelaskan ada empat komunitas yang akan dipilih mewakili permasalahan masyarakat akar rumput di Jakarta: warga yang tidak memiliki tempat tinggal atau bermukim di rumah susun, nelayan, pengguna transportasi umum, dan kelompok pedagang kecil.
Komunitas tersebut dipilih oleh para panelis yang terdiri dari para akademisi yang tidak terafiliasi dengan para kandidat atau partai politik.
"Kebetulan para akademisi itu punya kelompok-kelompok binaan masyarakat, mereka sering melakukan riset sehingga memiliki relasi dengan kelompok masyarakat itu," terang Sumarno.
"Yang menjadi pertimbangan utama kami mereka tidak terafiliasi dengan salah satu calon, mereka juga adalah kelompok independen, bukan relawan atau simpatisan dari calon tertentu."
DEBATHak atas fotoREUTERS
Image captionMasing-masing pasangan calon dapat membawa 120 pendukung ke lokasi debat.
Pertanyaan yang akan diajukan juga sudah melewati proses seleksi.
"Siang (6/4) tadi baru selesai FGD (focus group discussion) dengan berbagai komunitas. Mereka diminta untuk menyampaikan persoalan keseharian yang mereka hadapi dan kemudian dibantu panelis merumuskan pertanyaan," ungkap Sumarno.
"Jadi pertanyaan-pertanyaan nanti tertulis dan tersaring untuk mencegah kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mencegah kemungkinan-kemungkinan ada pertanyaan yang menyudutkan salah satu calon atau memihak salah satu calon."
"Mereka yang mengajukan pertanyaan, tapi semua sudah tersaring dan dalam bentuk tertulis."
Format town hall ini baru pertama kali dipakai di debat di Indonesia.
"Ini memang agak keluar dari ketentuan KPU. Kami konsultasikan dulu ke KPU Pusat. Setelah mereka setuju baru kami umumkan," paparnya.
Di segmen terakhir ini, akan dilakukan debat terbuka antar para pasangan calon, yang diawali para calon wakil gubernur dilanjutkan oleh calon gubernur.
Ini juga sedikit berbeda dari debat-debat sebelumnya, karena akan ada debat antara para calon wakil gubernur.
"Nanti antar wakil gubernur, sepenuhnya mereka saja. Calon gubernurnya hanya menyaksikan. Sebelumnya kan wakil gubernur hanya melengkapi saja. Kadang-kadang hanya tersisa waktu 30 detik baru mereka menambahkan. Kalau ini betul-betul wakil gubernur juga diharapkan tampil sebagai aktor juga," terang Sumarno.
Debat terbuka antar calon wakil gubernur akan dilanjutkan dengan debat calon gubernur. Waktu yang dialokasikan dalam debat ini cukup panjang. "Mungkin sekitar 12 menit tapi masih dirundingkan," menurut Sumarno.
DEBATHak atas fotoREUTERS
Image captionSelain debat 'town hall' akan ada juga debat terbuka antar calon wakil gubernur.
Meski disebut debat terbuka, namun moderator akan berfungsi sebagai 'wasit'.
"Awalnya mau kita lepas saja seperti perdebatan Presiden AS, tapi ada calon yang tidak setuju dengan itu."
Debat yang diadakan di Bidakara Hotel akan kembali dipandu oleh moderator Ira Koesno, yang berhasil menarik perhatian publik pada debat pertama.
Namun Sumarno menjelaskan Ira dipilih karena sudah berpengalaman, bukan untuk manarik perhatian publik atas debat yang total sudah berlangsung empat kali namun dengan retorika kampanye yang masih serupa.
Ini adalah debat resmi satu-satunya dari KPU setelah putaran kedua. Sebelumnya, saluran televisi nasional MetroTV dan KompasTV menyelenggarakan debat tak resmi versi mereka.
MetroTV hanya mengundang para calon gubernur -tidak dihadiri para calon gubernur. Sedangkan KompasTV batal menampilkan 'debat' dan hanya menampilkan pasangan Ahok-Djarot karena pasangan Anies-Sandi memutuskan untuk tidak mengikuti acara yang dipandu oleh Rosiana Silalahi itu.

Postingan populer dari blog ini

Bongkar...Video Mesum Ustadz Azhar Idrus, Ulama Cabul Yang Getol Dipakai FPI dan HTI

Siapa yang tidak kenal dengan Ustadz Azhar Idrus ini, seorang Ulama yang laris manis dimalaysia dan indonesia dengan gaya ceramah yang Inkonvensional, cerdas, singkat dan jenaka. Awalnya , Ia  biasa berceramah di sekitar masjid-masjid dan surau-surau di pelosok Malaysia.  Dan sekarang ia semakin terkenal saat ia berceramah bersama Zizan Raja Lawak (seorang komedian malaysia). Ustadz ini juga sering mengunggah rekaman ceramahnya ke YouTube, dan aktif menjawab berbagai pertanyaan di akun Facebook pribadinya. Tapi siapa sangka, terkuak Video Porno Ustad ini sejak tahun 2014 dan bahkan Ia juga sering diundang oleh FPI dan HTI, wow...11 dan 12 dengan Habib Rizieq kasus firza hot. Oke sekarang kita mengerti, mengapa mereka ini begitu getol dakwah tapi malah berzinah. 1. Dakwah mereka hanya untuk mencari nafkah bukan hidup untuk ibadah. 2. Mereka dakwah hanya untuk  popularitas bukan untuk prioritas jadi jangan heran jika ulama-ulama gini banyak tersandung kasus hukum bahk

Markibong Berjanji Bongkar Kembali Agenda Rizieq Shihab Jika Tidak Berubah

Riziq, oh Rizieq. Semakin membabi buta saja kelakuanmu, dari mendoakan pendukung Ahok menderita dunia dan akhirat, engkau juga mencuci otak Dewan Masjid Indonesia dengan menolak bantuan yang datang dari Ahok kepada masjid-masjid dan mengharamkannya. Ok, sudah aksi 411, 212, 112, Tolak mayat dan yang ini menolak bantuan dan mengharamkan jika yang menyumbangkannya adalah Ahok ataupun relawan Ahok. Dimana kewarasanmu? Kamu itu menanamkan bibit kebencian kepada generasi muda. Kamu itu penghasut masyarakat. Kapan kamu akan sadar, kamu mengaggap dirimu adalah orang utusan Allah padahal Allah tidak ada mengutus orang gila seperti kamu apalagi melantik kamu jadi Imam Besar Umat Islam Indonesia, yang ada congormu dan orang-orangmu yang sumbu pendek itu mengaku-aku saja. Sebenarnya kami ini lelah dengan kelakuanmu ini, oleh sebab itu kami akan melepaskan sorbanmu, melucuti jubahmu satu persatu bahkan topengmu tak akan lagi menempel diwajahmu agar dunia tahu siapakah kamu. Semoga

Tujuan ISIS Dibentuk dan Tokoh-Tokoh Yang Terlibat Dalam Rencana Jahat di Indonesia

Berita ini kami muat untuk menambah wawasan anda dan agak sedikit panjang penjelasanya, jika anda tidak punya waktu lebih dari 10 menit lebih baik anda tunda untuk membacanya. Tapi jika anda peduli pentingnya wawasan dan pengetahuan tentang dan peranan ISIS untuk menghancurkan NKRI dan generasi muda jatuh dalam paham para radikalis, kami merekomendasikan anda membaca pelan-pelan dan menyimak kata demi kata dalam tulisan ini. ISIS didirikan pada tahun 1999 oleh Abu Musab al-Zarqawi yang berasal dari Yordania dan termasuk orang yang paling dicari di irak dan yordania karena sering terlibat dalam serangkaian serangan terhadap tentara dan kepolisian, termasuk warga sipil. Zarqawi tewas terbunuh dalam operasi serangan udara militer Amerika Serikat pada tanggal 7 juni 2006 di Ba'qubah, Irak. berikut sejarah ISIS: 1. Kelompok ini didirikan tahun 1999 oleh seorang radikal Yordania, Abu Musab al-Zarqawi, dengan nama  Jamāʻat al-Tawḥīd wa-al-Jihād , "Organisasi Tauhid dan Jihad