Langsung ke konten utama

Ini Bocoran Debat Yang Akan Berlangsung Malam Ini

Debat terakhir dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 akan diadakan pada Rabu (12/4) pukul 19.30. Debat yang berlangsung selama dua jam ini akan sedikit berbeda dari debat-debat sebelumnya.
Debat perdana - dan satu-satunya - setelah putaran pertama pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 ini akan dibagi dalam tiga segmen.
Bagaimana tata cara di setiap segmen dan apa saja yang membedakan debat kali ini dengan debat-debat sebelumnya?

Segmen 1 - Pertanyaan moderator

Kepala KPU DKI Jakarta, Sumarno, berkata, berbeda dari debat-debat sebelumnya, pada pembukaan segmen debat kali ini para pasangan calon tidak perlu membeberkan visi-misi mereka.
Pada segmen pertama, moderator akan menanyakan sejumlah pertanyaan yang sudah dipersiapkan para panelis.
Namun, Sumarno tidak dapat membeberkan topik-topik yang akan ditanyakan dalam segmen ini karena "KPU memberikan mandat penuh kepada panelis untuk merumuskan pertanyaannya".
Dalam segmen ini moderator akan melontarkan pertanyaan terkait tema kampanye para calon. Jawabannya kemudian akan ditanggapi oleh lawan calon dan akan direspons kembali oleh para calon.

Segmen 2 - Format 'town hall'

Di sini, beberapa perwakilan kelompok masyarakat diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para kandidat.
Sumarno menjelaskan ada empat komunitas yang akan dipilih mewakili permasalahan masyarakat akar rumput di Jakarta: warga yang tidak memiliki tempat tinggal atau bermukim di rumah susun, nelayan, pengguna transportasi umum, dan kelompok pedagang kecil.
Komunitas tersebut dipilih oleh para panelis yang terdiri dari para akademisi yang tidak terafiliasi dengan para kandidat atau partai politik.
"Kebetulan para akademisi itu punya kelompok-kelompok binaan masyarakat, mereka sering melakukan riset sehingga memiliki relasi dengan kelompok masyarakat itu," terang Sumarno.
"Yang menjadi pertimbangan utama kami mereka tidak terafiliasi dengan salah satu calon, mereka juga adalah kelompok independen, bukan relawan atau simpatisan dari calon tertentu."
DEBATHak atas fotoREUTERS
Image captionMasing-masing pasangan calon dapat membawa 120 pendukung ke lokasi debat.
Pertanyaan yang akan diajukan juga sudah melewati proses seleksi.
"Siang (6/4) tadi baru selesai FGD (focus group discussion) dengan berbagai komunitas. Mereka diminta untuk menyampaikan persoalan keseharian yang mereka hadapi dan kemudian dibantu panelis merumuskan pertanyaan," ungkap Sumarno.
"Jadi pertanyaan-pertanyaan nanti tertulis dan tersaring untuk mencegah kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mencegah kemungkinan-kemungkinan ada pertanyaan yang menyudutkan salah satu calon atau memihak salah satu calon."
"Mereka yang mengajukan pertanyaan, tapi semua sudah tersaring dan dalam bentuk tertulis."
Format town hall ini baru pertama kali dipakai di debat di Indonesia.
"Ini memang agak keluar dari ketentuan KPU. Kami konsultasikan dulu ke KPU Pusat. Setelah mereka setuju baru kami umumkan," paparnya.
Di segmen terakhir ini, akan dilakukan debat terbuka antar para pasangan calon, yang diawali para calon wakil gubernur dilanjutkan oleh calon gubernur.
Ini juga sedikit berbeda dari debat-debat sebelumnya, karena akan ada debat antara para calon wakil gubernur.
"Nanti antar wakil gubernur, sepenuhnya mereka saja. Calon gubernurnya hanya menyaksikan. Sebelumnya kan wakil gubernur hanya melengkapi saja. Kadang-kadang hanya tersisa waktu 30 detik baru mereka menambahkan. Kalau ini betul-betul wakil gubernur juga diharapkan tampil sebagai aktor juga," terang Sumarno.
Debat terbuka antar calon wakil gubernur akan dilanjutkan dengan debat calon gubernur. Waktu yang dialokasikan dalam debat ini cukup panjang. "Mungkin sekitar 12 menit tapi masih dirundingkan," menurut Sumarno.
DEBATHak atas fotoREUTERS
Image captionSelain debat 'town hall' akan ada juga debat terbuka antar calon wakil gubernur.
Meski disebut debat terbuka, namun moderator akan berfungsi sebagai 'wasit'.
"Awalnya mau kita lepas saja seperti perdebatan Presiden AS, tapi ada calon yang tidak setuju dengan itu."
Debat yang diadakan di Bidakara Hotel akan kembali dipandu oleh moderator Ira Koesno, yang berhasil menarik perhatian publik pada debat pertama.
Namun Sumarno menjelaskan Ira dipilih karena sudah berpengalaman, bukan untuk manarik perhatian publik atas debat yang total sudah berlangsung empat kali namun dengan retorika kampanye yang masih serupa.
Ini adalah debat resmi satu-satunya dari KPU setelah putaran kedua. Sebelumnya, saluran televisi nasional MetroTV dan KompasTV menyelenggarakan debat tak resmi versi mereka.
MetroTV hanya mengundang para calon gubernur -tidak dihadiri para calon gubernur. Sedangkan KompasTV batal menampilkan 'debat' dan hanya menampilkan pasangan Ahok-Djarot karena pasangan Anies-Sandi memutuskan untuk tidak mengikuti acara yang dipandu oleh Rosiana Silalahi itu.

Postingan populer dari blog ini

Presiden Donald Trump Resmi Dilengserkan, Presiden Ketiga dalam Sejarah AS

Donald Trump WASHINGTON DC  - Presiden AS Donald Trump resmi menjadi presiden ketiga dalam sejarah Negeri "Uncle Sam" yang dimakzulkan atau impeachment. Dalam sidang paripurna yang digelar Rabu malam waktu setempat (18/12/2019), DPR AS menyetujui dua pasal pemakzulan terhadap presiden 73 tahun itu. Pasal pertama: Penyalahgunaan Kekuasaan, mendapat dukungan 230, dengan 197 politisi House of Representatives. Adapun jumlah minimal dukungan yang diperlukan di DPR AS guna membawa proses pemakzulan Trump ke level Senat adalah 216. Sementara pasal 2: Menghalangi Penyelidikan Kongres menerima dukungan 229, dalam hasil yang dibacakan Ketua DPR AS Nancy Pelosi. Trump pun menjadi presiden setelah Andrew Johnson (1868), dan Bill Clinton (1998) yang dimakzulkan di level DPR AS. Setelah ini, tahap selanjutnya dalam proses pemakzulan adalah membawa resolusi tersebut ke level Senat, di mana mereka akan membahasnya tahun depan. Di tahap ini, kecil kemungkinan Tr

Diguyur Hujan Deras Senayan Digenangi Banjir Setinggi 1 Meter

Jakarta - Hujan deras mengguyur Jakarta hingga berjam-jam membuat beberapa titik di Ibukota terendam banjir. Seperti yang terjadi baru-baru ini di daerah Senayan, Senin (17/12/2019) Terlihat dari  video  unggahan oleh seorang Netizen yang dibagikan di grup laman Facebooknya, Daniel Pray , membagikan unggahan video yang menunjukan aktivitas pengendara yang sibuk menyelamatkan kendaraan mereka yang terendam banjir.  Senayan terendam banjir, Senin, (17/12/2019) Dari unggahan tersebut beberapa komentar kocak dan nyeleneh muncul, diantara : Natalia Claudia Soetantiyo   Wuihh keren banget jakarta kaya venice 1 Sembunyikan atau laporkan ini Suka  ·  2 jam Harry Ibrani   Salah ahokkk Sembunyikan atau laporkan ini Suka  ·  1 jam Wendy Tjandra   Jelas ahok yg salah.. kenapa dia sampe kalah dan tidak menjadi gubenur jakarta!!  Kalo gabener skr jgn disalahin lah, percuma dia pinter ngeles..

Setya Novanto Tak Rela Melepaskan Kedua Jabatannya

Setya Novanto alias Setnov masih belum mau melepaskan dua jabatan penting, baik sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan Ketua Umum Partai Golkar. Lewat dua pucuk surat yang ditulisnya dua pekan lalu, Setnov meminta tak dilengserkan dari dua posisi tersebut. Mantan Bendahara Umum Partai Golkar itu meminta waktu untuk membuktikan bahwa dirinya tak terlibat dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. Setnov menyandang status tersangka dari Komisi Pemberantasan Korupsi untuk kedua kalinya, --setelah sebelumnya menang pada sidang praperadilan pertama. Kini, dia pun mengadu nasib kembali lewat praperadilan. Desakan Setnov mundur terus bermunculan dan semakin kuat menyusul penetapan tersangka dan penahanan Setnov yang dilakukan KPK. Mantan Ketua Fraksi Golkar itu sudah mendekam di Rumah Tahanan KPK sejak dua pekan lalu. Mayoritas anggota fraksi di dewan Senayan, di antaranya dari Fraksi PDIP, PAN, NasDem, Gerindra, PPP, Demokrat, PK