Breaking

[recent][ticker2]
Rabu, 23 Agustus 2017

Buni Yani: Kasus Ahok Bukan Gara-gara Saya!

Terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Buni Yani menegaskan bahwa kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bukanlah dampak dari postingan atau unggahannya di Facebook.

"Ketika saya posting, sudah banyak orang yang benci dengan berbagai alasan. Itu tuduhan (jaksa penuntut umum) tidak berdasar," ujar Buni Yani usai persidangan ke-10 dugaan pelanggaran UU ITE di Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Selasa (22/8) dikutip Antara.



Menurutnya, dari tiga saksi fakta yang dihadirkan tim kuasa hukumnya semakin memperkuat, bahwa Ahok telah dilaporkan sebelum ia mengunggah video di Facebook.

Menurut Buni Yani, berdasarkan keterangan saksi fakta Novel Bamukmin diketahui bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dilaporkan pada tanggal 27 September 2016, sementara Buni Yani mengunggah video di Facebook tanggal 6 Oktober 2016.

"Ini semakin memperlihatkan tuduhan jaksa tidak berdasar. Bahwa soal pasal 32 tidak terbukti dalam penggalian fakta kesaksian, apalagi pasal 28 (UU ITE)," katanya.

Di tempat yang sama, salah satu pengacara Buni Yani, Aldwin Rahadian mengatakan deretan aksi di Jakarta bukan didasarkan pada postingan Buni Yani.

Kemarahan massa menurutnya terpicu akibat ucapan Ahok yang diposting Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika (Diskominfo) DKI Jakarta yang diunggah melalui Youtube.

"Marah umat bukan provokasi Buni Yani tapi pernyataan Ahok. Apalagi Ahok sudah diputus dua tahun inkrah, ini yang harus diluruskan," kata dia.


Buni Yani: Kasus Ahok Bukan Gara-Gara SayaAhmad Dhani menyebut, Buni Yani justru menjadi korban atas kasus yang menjerat AHok. (Mukhlis Dinillah/detikcom).

Sebelumnya, tim kuasa hukum Buni Yani menghadirkan tiga saksi fakta yakni Ahmad Dhani, Novel Bamukmin, pelapor pertama kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman.

Ahmad Dhani saat bersaksi mengatakan, Buni Yani bukan orang yang menyebabkan Ahok terjerat kasus. Sebaliknya, Buni Yani justru menjadi korban atas kasus yang menjerat Ahok.

Menurut pentolan grup band Dewa ini, sikap Buni Yani hanya ingin memberitahukan bahwa ada yang salah dengan pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Namun yang ia herankan malah Buni Yani yang kini menjadi terdakwa.

"Analoginya gini ada yang mau maling mobil, dia meneriakkan ada maling, tapi malingnya kabur malah ia yang ditangkap," kata pemilik nama Dhani Ahmad Prasetyo ini dalam persidangan.


Dhani mengatakan Buni Yani bukanlah orang yang memviralkan video yang berdurasi 30 detik tersebut. Bahkan sebelum postingan Buni Yani beredar, ia menerima banyak pesan berantai di grup perpesanan instan Whatsapp mengenai video Ahok.

"Buni Yani bukan pengunggah pertama video itu. Di youtube sudah viral duluan. Yang dipermasalahkan adalah captionnya," kata Dhani.
(osc/gil)
Buni Yani: Kasus Ahok Bukan Gara-gara Saya! Reviewed by DarkNet on Rabu, Agustus 23, 2017 Rating: 5 Terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Buni Yani menegaskan bahwa kasus yang menjera...

Label:

Reaksi:

loading...
[Kriminal][carousel1]

Tidak ada komentar: