Breaking

[recent][ticker2]
Minggu, 16 April 2017

Rakyat Jakarta Mulai Rasional Tidak Termakan Isu Sara, Elektabilitas Ahok-Djarot Tinggi

Pengamat Politik dari Forum Masyarakat Perduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengatakan, Pilkada DKI sudah menjadi perhatian besar bagi masyarakat Indonesia. Apalagi dengan deretan isu yang dipermainkan para kandidat, membuat semua pasang mata kian fokus terhadap kontestasi di Pilgub DKI. 


Menurut Salang, tim pemenangan sudah habis-habisan menggalang kekuatan untuk memenangkan jagonya di pilkada DKI. "Ibarat perang, semua peluru sudah ditembakkan," ujar Salang di Posko Pemenangan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/4).
Misalnya kata dia, dari sisi program yang dikerjakan, kedua kandidat telah mensosialisasikannya melalui kampanye maupun debat pilkada.
Bahkan, isu yang paling berpengaruh sekalipun yakni penistaan agama, lanjut dia, sudah cukup menyita perhatian yang sangat besar.
Dengan adanya isu penistaan agama, jelas Salang, mampu menempatkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di posisi teratas versi survei. "Persis di akhir Maret mencapai titik tertinggi. Kurang lebih 50.7 persen," imbuhnya.
Namun, dia mengkhawatirkan bahwa laju elektabilitas Anies-Sandi yang dipengaruhi isu-isu jangka pendek seperti penistaan agama mulai mengalami degradasi.
Hal itu, kata dia, terlihat pada survei Charta Politika Indonesia hari ini. Penyebabnya, lantaran sebagian besar rakyat Jakarta memang pemilih rasional. "Ini membuktikan isu SARA pelan-pelan mulai diabaikan pemilih rasional berdasarkan pertimbangan-pertimbangan rasional juga," terangnya.
Masyarakat, sambungnya, mulai melihat kandidat berdasarkan kemampuannya merealisasikan program atau tidak. 
Seperti diketahui, survei terkini dari Charta Politika Indonesia memperlihatkan elektabilitas petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat unggul ketimbang penantangnya Anies Baswedan-Sandiaga Uno.
Ahok-Djarot berhasil memikat 47.3 persen suara responden. Unggul dibandingkan duet Anies-Sandi yang mendapatkan 44.8 persen suara responden. Sementara, yang belum menentukan pilihan adalah sebanyak 7.9 persen.
Rakyat Jakarta Mulai Rasional Tidak Termakan Isu Sara, Elektabilitas Ahok-Djarot Tinggi Reviewed by DarkNet on Minggu, April 16, 2017 Rating: 5 Pengamat Politik dari Forum Masyarakat Perduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengatakan, Pilkada DKI sudah menjadi perhati...

Reaksi:

loading...
[Politik][carousel1]

1 komentar:

  1. Menjadi pemenang Bersama Bolavita
    D8C363CA (NEW)
    http://i.imgur.com/LSzLIvV.jpg

    BalasHapus