Meresmikan Masjid Raya, Jokowi Sanjung Islam Moderat Yang Patut di Contoh - Markibong

Breaking

Sabtu, 15 April 2017

Meresmikan Masjid Raya, Jokowi Sanjung Islam Moderat Yang Patut di Contoh

Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari. Jokowi menyebut pembangunan masjid bukti komitmen pemerintah terhadap hak beribadah warga.

"Masjid raya ini dinamakan KH Hasyim Asy'ari bukan tanpa sebab. Kita tahu Almarhum adalah pahlawan nasional yang mencintai republik ini dengan sepenuh hati. Beliau telah membuktikan bahwa kecintaan terhadap negeri takkan terlunturkan komitmennya," ujar Jokowi dalam sambutan peresmian di Masjid KH Hasyim Asy'ari di Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu (15/4/2017).


Sebagai tokoh pendiri ormas Islam Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy'ari menurut Jokowi sudah meletakkan pondasi agama yang moderat. Jokowi berharap keteladanan KH Hasyim Asy'ari dapat dicontoh. 

"Kita perlu meneladani jasa-jasa Beliau dalam nilai-nilai ke-Islaman ke-Indonesiaan, nilai keagamaan yang sesuai dengan sesuai prinsip Islam rahmatan lil 'alamin relevan dengan fakta bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk yang plural, negara yang beragam. Masjid ini menjadi simbol ke-Islaman yang ramah, ke-Islaman yang moderat yang menjadi pilar keberagaman kota Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," sambung Jokowi. 


Pukul Bedug, Jokowi Resmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ariFoto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Selain itu, pembangunan masjid di area seluas 2,4 hektare ini menurut Jokowi menjadi bukti komitmen pemerintah pusat dan pemerintah Jakarta mendukung hak beribadah warganya. Jokowi juga mengaku senang dengan arsitektur berornamen Betawi pada masjid. 

"Sewaktu menjadi gubernur Jakarta saya yang meletakkan batu pertama pembangunan masjid ini yaitu pada tahun 2013. Karena Jakarta sebelum ini, belum memiliki masjid raya. Setelah peletakan batu pertama dimulai dan diselesaikan oleh gubenur Basuki Tjahaja Purnama, masjid ini telah selesai 100%," papar Jokowi.

"Saya senang masjid ini penuh dengan ornamen Betawi karena waktu itu kita minta ornamen, di setiap tiang kita lihat ada pagar ini juga khas betawi," sebut Jokowi.

Setelah menyampaikan sambutan, Jokowi memukul bedug masjid dan menandatangani plakat peresmian masjid. Tampak mendampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Plt Gubernur DKI Sumarsono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...